Beberapa Nama Virus dan Anti Virus Terkenal

 
Hampir semua orang didunia memiliki komputer. Dan hampir semua yang memiliki komputer memakai OS Windows dari Perusahaan Microsoft. Kita tahu bahwa OS Windows ini sangat rentan terhadap virus yang merusak file-file di komputer kita. Untuk mengatasinya kita memerlukan Anti Virus. Mari kita mengenal beberapa virus perusak ini dan apa saja "penawarnya".


Nama Virus dan Pengaruhnya Pada Komputer
Virus Bagle.BC
Virus Bagle BC ini termasuk salah satu jenis virus yang berbahaya dan telah masuk peringkat atas jenis virus yang paling cepat mempengaruhi komputer kita. Beberapa jam sejak keluarnya virus ini, sudah terdapat 2 buah varian Bagle ( Bagle BD dan BE )yang menyebar melalui e-mail, jaringan komputer dan aplikasi P2P. Virus ini menyebar melalui e-mail dengan berbagai subyek berbeda. Menurut suatu penelitian dari Panda Software virus Bagle BC ini menyusup ke dalam e-mail dengan subyek antara lain : Re:, Re:Hello, Re:Hi, Re:Thank you, Re:Thanks. Attachment-nya juga bermacam-macam, antara lain : .com, .cpl, .exe, .scr. Virus Bagle BC juga mampu untuk menghentikan kerja program-program antivirus.

Ronkor.C

Ronkor merupakan salah satu worm lokal yang variannya masih dilaporkan oleh pengguna, saat ini telah mencapai 3 varian yang ditemukan. Seperti juga pada beberapa worm lokal lainnya, curhatan diekspresikan melalui puisi. Dengan icon menyerupai folder, worm ini berusaha memanfaatkan kelengahan pengguna yang mengira file worm tersebut folder dan mengkliknya. Ditambah lagi dengan nama file worm.

Trojan.Lodear

Trojan Horse menyerang apabila kita mendownload data dari internet. Virus ini akan menginjeksi file. dll ke internetexplorer.exe yang menyebabkan ketidakstabilan sistem.

Raider.vbs

Virus jenis VBScript ini berukuran sekitar 10.000 bytes, jika file virus dibuka dengan Notepad misalnya, maka tidak banyak string yang bisa dibaca karena dalam kondisi ter-enkripsi. Pada Registry, ia pun memberikan pengenal dengan membuat key baru di HKLM\Software dengan nama sama seperti nama pada computer name, dengan isinya berupa string value seperti nama virus tersebut, Raider, serta tanggal komputer tersebut kali pertama terinfeksi.

Code Red

Code Red menampakkan dirinya 13 Juli tahun 2001, dengan menyerang setiap server yang menggunakan Microsoft Internet Information Server (IIS). Worm atau virus ini memanfaatkan celah yang terbuka pada IIS System. Dikenal juga dengan istilah Bady, virus ini didesain untuk menimbulkan kerusakan yang sangat parah, karena mampu melakukan serangan Denial of Service pada IP-IP tertentu sehingga tak mengherankan mampu menimbulkan kerugian sampai ratusan trilyun rupiah, dan dalam waktu kurang dari seminggu saja 400.000 server berhasil ditaklukkan oleh virus ini.

Nama Anti-Virus dan Pengaruhnya Pada Komputer

Smadav

Smadav adalah Antivirus lokal tak berbayar (freeware) yang dikhususkan untuk mengatasi virus–virus lokal ataupun mancanegara yang menyebarluas di Indonesia. Smadav dapat berjalan dengan baik pada Platform Windows.
Smadav dapat digabungkan dengan hampir semua antivirus internasional. Setelah digabungkan, Smadav akan melindungi komputer Anda dari virus lokal dan antivirus internasional tersebut yang akan melindung Anda dari virus internasional secara keseluruhan.

AVG
AVG adalah program antivirus yang dibuat oleh AVG Technologies. Sebelum bernama AVG Technologies, perusahaan ini bernama Grisoft.

Keunikan AVG dari antivirus lain ialah LinkScanner. Guna LinkScanner adalah men-scan tautan saat menjelajah di dunia maya. Link Scanner berfungsi dengan baik pada peramban Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Selain itu, kelebihan dari AVG adalah tersedianya fitur Anti-Rootkit. Tetapi, hanya satu kekurangan AVG. AVG sebagian besar hanya akan men-karantina virus yang dideteksi, tidak seperti antivirus lain yang dapat menghapus saat pendeteksian. AVG memang kuat pada pendeteksian, tetapi sering dinilai lambat dalam pemindaian. Tapi AVG sudah memiliki fitur yang lengkap perihal keamanan. Jadi sistem proteksi pada AVG dinilai lengkap dan canggih.
Bitdevender
Kecepatan dan keakuratannya menjadikan bitdevender antivirus sebagai antivirus terbaik di 2011. Antivirus ini sangat efektif menghapus, menetralkan, memblokir dan mencegah infeksi malware.

Avira
Avira antivirus adalah aplikasi untuk penggunaan pribadi. Seperti kebanyakan perangkat lunak antivirus, ia berguna untuk memindai virus dan juga dijalankan sebagai proses Background, memeriksa setiap file yang dibuka dan ditutup. Hal ini dapat mendeteksi dan menghapus kemungkinan rootkits. Ia juga melakukan Update secara otomatis Lewat Internet setiap hari.

Panda Cloud

Panda Cloud terkenal sebagai solusi keamanan gratis untuk dua alasan yaitu panda adalah reputasi vendor keamanan membuat pertama terjun ke dunia freeware keamanan, dan tujuan program untuk membebaskan sampai sumber daya sistem dengan menempatkan banyak program dengan system cloud. Ketika anda membuka Cloud Antivirus, jendela utama memungkinkan anda mengetahui apakah anda sudah aman atau tidak dengan besar ikon merah atau hijau. Cloud Antivirus bekerja sebagai solusi antivirus lain lakukan, menawarkan Quick Scan dan memindai Custom folder tertentu, file, dan drive, namun fitur tambahan yang sangat ringan. Anda dapat memilih keluar dari anonim berkontribusi data ke internet.

Komentar