Bebagai Jenis Campuran Aspal Pada Lapisan AC - WC

 
 
Asphalt Concrete – Wearing Course (AC-WC) sebagai lapis aus ke-2 dalam lapisan jenis beton aspal merupakan lapisan yang paling atas dalam perkerasan lentur. Beberapa Jenis Campuran Aspal dalam spesifikasi tersebut adalah sebagai berikut :


  • Latasir (Sand Sheet) Kelas A dan B campuran-campuran ini ditujukan untuk jalan dengan lalu lintas ringan, khususnya pada daerah dimana agregat kasar sulit diperoleh. Pemilihan kelas A atau B terutama tergantung pada gradasi pasir yang digunakan. Campuran latasir biasanya memerlukan penambahan filler agar memenuhi kebutuhan sifat-sifat yang disyaratkan. Campuran ini mempunyai ketahanan yang rendah terhadap alur (rutting), oleh sebab itu tidak boleh digunakan dengan lapisan yang tebal, pada jalan dengan lalu lintas berat dan pada daerah tanjakan.
  • Lataston (HRS) Lataston (Hot Roller Sheet) mempunyai persyaratan kekakuan yang sama dengan tipikal yang disyaratkan untuk aspal beton konvensional (AC) yang bergradasi menerus. Lataston terdiri dari dua macam campuran, yaitu : Lataston Lapis Pondasi (HRS-Base) dan Lataston Lapis Permukaan (HRS Wearing Course) dan ukuran maksimum agregat masing-masing campuran adalah 19 mm.
  • Laston (AC) Laston (Lapis Aspal Beton) lebih peka terhadap variasi kadar aspal maupun variasi gradasi agregat daripada Lataston (HRS). Aspal Beton (AC) terdiridari tiga macam campuran, yaitu : Laston Lapis Aus 2 (AC-WC), Laston Lapis Aus 1 (AC-BC) dan Laston Lapis Pondasi (AC-Base) dan ukuran maksimum agregat masing-masing campuran adalah 19 mm, 25,4 mm dan 37,5 mm.Hasil pengujian berat jenis padasemen portland adalah 3,153 gr/cc sedangkan berat jenis abu batu adalah 2,635 gr/cc.

Komentar

  1. keren blognya, tetapi alahkah baiknya menyelipkan sumber yang jelas.
    supaya kita sebagai pembaca bisa mengimplementasikan dilapangan.

    thank's

    BalasHapus
  2. Mungkin bisa isi rumus rumus yg terkait

    BalasHapus
  3. Mungkin bisa isi rumus rumus yg terkait

    BalasHapus
  4. Berguna sekali, terima kasih

    BalasHapus
  5. terima kasih Bos,, gai sekali infonya

    BalasHapus
  6. penjelasan yang singkat dan padat

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan hal-hal yang positif. Terima Kasih :D