Kiat-Kiat Belajar Bahasa Inggris (Jilid 2)

 
 
Jika pembahasan yang dulu KIAT-KIAT BELAJAR BAHASA INGGRIS (jilid 1) masih terasa kurang, mari simak pembahasan lanjutannya berikut ini.


Mungkin diantara anda sekalian akan bertanya, apakah saya bisa belajar bahasa inggris secara mandiri (otodidak, tanpa mengkuti kursus bahasa secara khusus dan belajar dalam suatu institusi)? Jawabnya adalah bisa.
Saya bisa mengatakan demikian karena saya menyaksikan sendiri beberapa orang di sekitar saya pun berhasil melakukan hal yang serupa. Bahkan saya mendapatkan tambahan bukti lain. ketika seorang masyarakat yang tinggal didaerah tempat wisatawan mancanegara berdatangan, kita menyaksikan bahwa ternyata di sekitar daerah tersebut banyak sekali anak-anak muda yang berjualan souvenir dan jadi “guide illegal” (karena tidak memiliki semacam surat izin dari dinas pariwisata) yang bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris dengan para wisatawan mancanegara meskipun mereka bukan sarjana jurusan bahasa inggris atau kursus bahasa inggris.
Untuk dapat memulai menggunakan bahasa Inggris, anda perlu mencoba hal berikut.
1. Apa manfaatnya bagi anda?
Dalam anda harus mempunyai visi yang jelas ketika hendak mempelajari bahasa Inggris. Dengan kata lain, untuk belajar apapun anda harus mempunyai suatu tekat yang kuat. Artinya untuk apa anda mempelajari bahasa tersebut? dari contoh yang saya kemukakan di atas tentang pemuda di daerah wisata, mereka mempunyai dorongan yang sangat besar untuk belajar bahasa inggris. Dorongan tersebut berupa keinginan mendapatkan uang dengan menguasai bahasa inggris. Artinya jika mereka tidak bisa berbahasa inggris mereka tidak bisa menjual souvenir dan menjadi guide bagi turis.
Tidak harus uang hal bisa memotivasi anda. Banyak hal penting yang bias membuat anda termotivasi. Misalkan, adik saya belajar bahasa inggris dengan motivasi agar dia bisa mendapatkan foto-foto dari pemain sepak bola eropa yang di belakangnya ada tanda tangan asli dari sang idola. Dia telah mendapatkan foto kiper timnas italia beberapa tahun lalu yaitu Buffon, dan ada lagi Gianluca Pagliuca, dan sebagainya, semuanya asli dan ditandatangi. Adik saya mendapatkan itu semua dengan mengirim surat ke mereka dan tentu saja dengan berbahasa Inggris. Nah itu contoh dari motivasi dalam belajar bahasa inggris yang bermanfaat untuknya. Sekarang apa motivasi atau kegunaan untuk anda dalam belajar berbahsa Inggris?
2. Cari Hal yang menyenangkan.
Tidak ada satu metode yang pas dalam belajar bahasa inggris untuk semua orang. Orang boleh mengatakan metode A, B, C atau Z yang paling bagus, tetapi saya yakin dan banyak bukti bahwa banyak orang yang belajar dengan metode-metode tersebut merasa tidak berhasil. Artinya pendekatan belajar tiap orang akan berbeda-beda. Ada beberapa teori pemahaman yang cukup terkenal. Seperti, teori Multiple Intelligence (MI) dan dasar-dasar Quantum Learning (QL) atau Neuro Lingustic Programming (NLP), anda pasti tahu hal itu. Bagi yang belum tahu saya akan menjelaskannya dengan singkat.
Menurut teori Multiple Intelligence (MI), semua orang cerdas. Ada cerdas musikal, bahasa (lingusitic), seni, fisikal dan seterusnya. Setiap orang yang mempunyai kecerdasan tertentu mempunyai kecenderungan belajar berebeda. Misalnya: orang yang mempunyai kecerdasan musikal, akan mudah sekali jika belajar menggunakan musik atau bahkan pelajaran itu dimasukkan dalam musik/nyanyian, contohnya anak-anak TK diajari sesuatu dengan cara bernyanyi.
Sedangkan Quantum Learning (QL) adalah keseluruhan model yang mencakup kedua teori pendidikan dan pelaksanaan di kelas dengan cepat. Ini menggambarkan praktek dasar penelitian terpadu yang terbaik dalam pendidikan, yang membuat isi lebih bermakna dan relevan bagi kehidupan siswa. Quantum Learning menjadikan belajar dan mengajar menjadi senang. Ini membantu guru menampilkan bahan yang ingin diajarkan dan dapat melibatkan siswa. Cara ini juga memadukan belajar dan kecakapan hidup, menghasilkan siswa-siswa sebagai pelajar yang efektif dan bertanggung jawab bagi pendidikannya sendiri.
Neuro-Linguistic Programming (NLP) adalah model komunikasi interpersonal dan merupakan pendekatan alternatif terhadap psikoterapi yang didasarkan kepada pembelajaran subyektif mengenai bahasa, komunikasi, dan perubahan personal. NLP dikembangkan dari hasil jerih payah beberapa orang. Diawali oleh Richard Bandler dan John Grinder, Beberapa orang yang menjadi catatan pengembangan NLP adalah David Gordon, Leslie Cameron-Bandler, Steve and Connirae Andreas, Robert Dilts, dan masih banyak lagi. Studi mereka dimulai pada awal tahun 1970 dan sampai sekarang masih terus berlanjut dengan banyak perkembangan. Dengan teknik NLP membuat para terapis jauh lebih efektif membantu kliennya dalam melakukan perubahan yang ada dalam dirinya. Semula pembahasan lebih terpusat pada berbagai "hal beda yang dapat membuat perbedaan" antara individu "unggul" dengan individu "rata-rata". Guna memahami lebih lanjut akan perbedaan tersebut, mereka melakukan serangkaian pemodelan pada berbagai aspek dari individu "unggul", seperti berbagai prilaku dalam menerima serta menyikapi lingkungan sekitar. Hal itu berujung pada pemahaman mengenai mekanisme kerja pikiran. Sehingga NLP berisikan berbagai presuposisi mengenai mekanisme kerja pikiran dan berbagai cara individu dalam berinteraksi dengan lingkungan dan antar sesamanya, disertai dengan seperangkat metode untuk melakukan perubahan.
Secara semantik, Neuro dapat diartikan sebagai berbagai mekanisme yang dilakukan individu dalam menginterpretasikan informasi yang didapat melalui panca indra dan berbagai mekanisme pemprosesan selanjutnya di pikiran. Linguistic ditujukan untuk menjelaskan pengaruh bahasa yang digunakan pada diri maupun pada individu lain yang kemudian membentuk pengalaman individu akan lingkungan. Programming dapat diartikan sebagai berbagai mekanisme yang dapat dilakukan untuk melatih diri seorang individu (dan individu lain) dalam berpikir, bertindak dan berbicara dengan cara baru yang lebih positif. Walaupun pikiran individu telah memiliki program "alaminya", yang didapat baik melalui pewarisan secara genetis maupun melalui berbagai pengalaman, individu tetap dapat melakukan peprograman ulang sehingga dapat bertindak lebih efektif.
NLP semula dikembangkan sebagai salah satu perangkat psychotherapeutic. Namun kemudian memperoleh kredibilitas ketika diaplikasikan pada berbagai bidang. NLP juga sangat bermanfaat ketika digunakan pada pengembangan pribadi maupun pada proses belajar dan mengajar yang efektif. 
4 SKILL UTAMA MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS.
1. keterampilan Membaca (Reading Skills)
Cara terbaik untuk mulai berlatih dan meningkatkan kemampuan membaca dalam bahasa Inggris adalah dengan banyak membaca bukut-buku berbahasa Inggris. Carilah dan mulailah dengan buku-buku yang simple dan mudah di mengerti. 
Misalnya buku cerita berbahasa Inggris atau buku pelajaran bahasa Inggris yang di buat untuk anak-anak dan pemula. Sebab buku-buku berbahasa Inggris seperti ini umumnya di tulis dengan struktur kata dan kalimat yang simple.
Saat mulai melatih kemampuan untuk membaca materi berbahasa Inggris, pastikan anda membacanya dengan aktif. Membaca dengan aktif artinya anda tidak sekedar membaca, tapi sambil mengingat dan memahami kata-kata dan struktur kalimat yang terdapat di dalam bahan bacaan berbahasa Inggris tersebut. Anda juga harus membacanya dengan perlahan-lahan agar kata yang anda baca sesuai. Anda juga harus memahami bahwa belajar bahasa Inggris adalah sebuah proses. Suatu proses yang berhasil memiliki tahapan yang perlahan dan tidak terburu-buru.
Mulailah berlatih dengan bahan bacaan yang simple, jauh lebih baik dari pada langsung mencoba membaca sesuatu yang membuat anda bingung. Dan saat mulai merasa nyaman dengan bacaan yang simple tersebut, anda bisa mulai meningkatkan kemampuan dengan mencari jenis bacaan yang lebih rumit sedikit demi sedikit.
Buku-buku bacaan berbahasa Inggris yang dibuat untuk anak-anak, umumnya di rancang berdasarkan tingkat kesulitannya. Jadi, dengan menggunakan buku-buku bacaan bahasa Inggris seperti ini sebagai bahan latihan, anda bisa tahu dengan mudah di tingkat mana kemampuan anda saat ini berada. 
Mungkin anda ingin mencoba menggunakan cue-cards. Cue-cards yaitu kartu-kartu kecil yang bertuliskan ungkapan atau kata-kata yang ingin kita kuasai disertai dengan contoh kalimat yang bisa menggunakan kata-kata tersebut. Kartu ini bisa kita bawa kemana pun kita pergi. Kapan pun ada kesempatan (pada saat menunggu taksi, menunggu makan siang disajikan, ataupun pada saat berada dalam kendaran yang sedang terjebak kemacetan), kita bisa mengambil kartu ini dan membacanya serta mencoba melakukan improvisasi dengan kata-kata baru dalam struktur kalimat yang sama.
Siapkan juga buku catatan setiap kali sedang berlatih membaca. Gunakan buku itu untuk mencatat setiap kata yang tidak di ketahui atau tidak dimengerti, agar anda bisa menggunakan catatan tersebut nanti.
2. Keterampilan Mendengar (Listening Skills)
Ada banyak cara melatih kemampuan anda untuk memahami orang yang sedang berbicara dalam bahasa Inggris. Dan kemampuan untuk mendengar ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Mereka saling mendukung satu sama lain. 
Misalnya dengan cara sering mendengarkan materi pelajaran bahasa Inggris yang berbentuk audio, yang di rancang untuk melatih anda agar lebih terbiasa untuk mendengar kata dan kalimat yang di ucapkan dalam bahasa Inggris, sambil memberi anda kesempatan untuk meniru atau mengulanginya.
Cara lain yang juga cukup efektif adalah dengan sering menonton film kartun atau film khusus untuk anak-anak. Sebab, film seperti ini umumnya menghindari kata dan kalimat yang rumit dan membingungkan. Atau sekarang banyak juga radio dan stasiun TV yang menyelenggarakan acara-acara interaktif dalam bahasa Inggris. Anda bisa bergabung dalam acara itu dengan mendengarkan atau menelepon dan berbicara dengan penyiar dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara Anda. Jangan lupa untuk mencatat setiap kata dan kalimat yang tidak di mengerti.
3. Keterampilan Berbicara (Speaking Skills)
Seperti yang di singgung di atas, kemampuan mendengar, sangat erat kaitannya dengan kemampuan untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Berarti belajar bahasa Inggris dengan cara mendengarkan adalah cara terbaik dalam melatih kemampuan anda untuk berbicara dalam bahasa Inggris. 
Sebab, dengan cara belajar bahasa Inggris seperti itu, anda bisa langsung belajar cara mengenali dan mengucapkan kata serta kalimat, sekaligus memberi anda peluang untuk menirukannya. Akan lebih baik lagi jika belajar bahasa Inggris bersama beberapa orang teman, jadi Anda bisa mempraktekkannya bersama-sama.
Semakin sering Anda melatihnya, maka akan semakin fasih anda mengucapkannya. Dan pada akhirnya anda akan tahu bahwa semakin sering Anda berusaha meningkat kemampuan mendengar dan membaca, maka semakin meningkat kemampuan anda untuk berbicara dalam bahasa Inggris.
Anda juga bisa mengajak teman-teman untuk membentuk English Speaking Club. Yang dibahas dalam kegiatan ini bisa berasal dari topik-topik yang sedang in atau masalah-masalah yang dihadapi di sekolah, rumah, dll. Jika dilakukan di sekolah, Anda bisa meminta bantuan guru bahasa Inggris Anda untuk menjadi pembimbing dan sekaligus sebagai pemonitor bahasa Anda.
Jika dilihat menurut pengertiannya keterampilan berbicara adalah kemampuan mengungkapkan pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan, baik secara berhadapan ataupun dengan jarak jauh. berbicara merupakan alat komunikasi yang alami antara anggota masyarakat untuk mengungkapkan pikiran dan sebagai sebuah bentuk tingkah laku sosial. 
Menurut penelitian suatu hal yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara spontan, yaitu dengan menggali pengetahuan tentang tema yang diajarkan. Teknik KWL dapat digunakan untuk tujuan tersebut. KWL adalah singkatan dari Know (yang diketahui), What to Know (yang ingin di ketahui), dan Learned (yang di peroleh). Ogle (1989) menyatakan bahwa format KWL adalah suatu cara yang tepat untuk membantu siswa berpartisipasi aktif dalam berbicara tentang apa yang sedang mereka pelajari dalam ruang lingkup tema. Setiap mengajar, guru membagikan kertas dengan format KWL atau menuliskannya di papan tulis, seperti tabel dibawah ini.
Dalam proses pembelajaran, guru memberikan sebuah topik, kemudian ditanyakan secara oral kepada siswa apa yang mereka ketahui tentang topik yang diberikan. Semua jawaban siswa dituliskan pada kolom K. Pertanyaan selanjutnya yaitu apa yang ingin mereka pelajari tentang topic dan semua jawaban siswa ditulis pada kolom W. Kemudian siswa diminta membaca materi yang dimaksudkan untuk hari itu. Kemudian guru menggali tentang apa yang telah mereka pelajari dan menuliskannya pada kolom L.
Metode pengajaran melalui teknik KWL akan lebih etektif dan suasana belajar akan lebih menyenangkan apabila diikuti dengan permainan bahasa. Permainan bahasa ini harus sesuai dengan ruang lingkup tema dan level siswa. Wright dan Backy (1984) mengatakan bahwa permainan bahasa bisa membantu dan memotivasi siswa serta melibatkan mereka dalam berbicara dan bekerja. Permainan bahasa diyakini dapat menimbulkan situasi dimana bahasa itu berguna dan berarti.
Berdasarkan uraian di atas, kesimpulannya adalah pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan teknik KWL dan permainan bahasa diduga dapat meningkatkan kemampuan berbicara.
Selain trik di atas, ada dua hal yang perlu diperhatikan agar anda bisa berkomunikasi dengan lancar. Pertama, jangan takut membuat kesalahan ketika belajar maupun berbicara. Membuat kesalahan dalam proses belajar bahasa adalah suatu hal yang wajar dan hal itu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses belajar. Ke dua, jangan menjadikan keterbatasan kosa kata sebagai kendala yang menghalangi Anda untuk berbicara. Anda masih bisa menggunakan isyarat/gerak untuk memperjelas maksud Anda jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan kata-kata untuk mengutarakan maksud Anda.
4. Keterampilan Menulis (Writing Skills)
Menulis mungkin adalah skill yang paling sulit untuk di kuasai dalam bahasa Inggris. Ini mungkin karena untuk belajar menulis dalam bahasa Inggris itu jauh lebih rumit dari pada belajar cara berbicara dalam bahasa Inggris. Karena harus menguasai cara menyusun kalimat atau menggunakan grammar dan ejaan.
Tapi jika sudah menguasai skill membaca, mendengar dan berbicara, maka skill menulis secara otomatis akan mengikuti. Cara terbaik untuk berlatih menulis dalam bahasa Inggris adalah dengan selalu mencatat. Dengan cara ini, maka kemampuan anda untuk menulis dan menyusun kalimat akan meningkat.
Untuk dapat melatih kemampuan menulis, anda bisa menulis artikel yang nantinya dipajang pada majalah dinding. Tentu saja anda bisa menuangkan pikiran anda dalam bentuk artikel, tip, puisi, cerita, humor, dll. Selain kemampuan menulis anda terasah dan bakat anda terlatih, karena nama anda akan terpampang di madding sekolah atau universitas.
Anda bisa juga menuangkan pikiran, ide, gagasan, curahan hati dalam buku harian, dengan bahasa Inggris tentunya. Selain tidak malu dibaca dan ditertawakan teman, kemampuan menulis bahasa Inggris anda lama kelamaan akan meningkat. Tentunya dengan ketelitian yang penuh.

Komentar