Sejarah Komputer

 
 
Saat ini teknologi semakin maju dan kemajuan itu berjalan begitu cepat. hal ini sangat membantu dalam pekerjaan sehari-hari seluruh manusia di bumi. Dalam hal teknologi semua hal hebat terdapat didalamnya, tidak terkecuali ditemukannya komputer. komputer sangat membantu hampir semua pekerjaan kantor anda. Dan komputer juga dimanfaatkan untuk hal yang dapat menghancurkan. Dari semua hal hebat tentang komputer tersebut, apakah kita semua tahu sejarah komputer? untuk itu mari kita simak pembahasan berikut.

Berawal dari rumitnya perhitungan aritmatika, maka pada tahun 1822 seorang ahli matematika Charles Babbage dengan ide cemerlangnya berhasil menciptakan sebuah mesin hitung untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan rumit. Namun mesin tersebut tidak berhasil diselesaikan. Karena konsep komputer modern bukanlah sebagai mesin hitung, maka Charles Babbage bukanlah penemu komputer. Namun komputer modern tidak terlepas dari peran dan ide beliau untuk menciptakan alat untuk menyelesaikan pekerjaan rumit manusia.

Kini komputer sendiri tidak bisa dikatakan mesin hitung, namun komputer sendiri sudah beralih fungsi sebagai peralatan elektronik yang terdiri dari komponen-komponen yang saling bekerja sama untuk menghasilkan informasi berdasarkan program dan data yang dapat dilihat pada layar monitor.

Perkembangan komputer sendiri tidak terlepas dari para pengembang komputer dari generasi ke generasi. Berikut pembahasannya.
1) Generasi Pertama
Generasi awal komputer diawali saat perang dunia II. Negara yang terlibat peperangan berusaha untuk mengembangkan komputer untuk kebutuhan perang. Pada tahun 1941 seorang insinyur Jerman yang bernama Konrad Zuse berhasil menciptakan komputer yang digunakannya untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Tidak mau kalah, pihak sekutu juga mengembangkan komputer mereka. Pada tahun 1943, Inggris berhasil menciptakan komputer pemecah kode pertama mereka yang diberi nama Colossus. Colossus digunakan oleh Inggris untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Walaupun Colossus telah digunakan pada saat itu, namun komputer Colossus itu tidak terlalu mempengaruhi perkembangan komputer dunia. Hal demikian terjadi dikarenakan Colossus bukanlah komputer serbaguna, melainkan hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia saja. Dan juga mesin ini sangat dijaga kerahasiaannya hingga satu decade setelah perang berakhir.
Perkembangan lain adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). ENIAC dikerjakan oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Mesin tersebut terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Mesin yang super besar ini menghabiskan daya sebesar 160 KW. Perancang ENIAC sendiri adalah John Presper Eckert dan John W Mauchly. ENIAC yang mereka rancang merupakan komputer serbaguna dan sangat cepat pada saat itu.
Pada tahun 1940-an, John Von Neumann bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha mereka untuk membangun konsep komputer yang lebih canggih. Tahun 1945 Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Auto Automatic Computer (EDVAC). EDVAC sendiri diciptakan dengan sebuah memori untuk menanmpung program maupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti dan kemudian melanjutkan kembali pekerjaan tanpa harus kehilangan data pekerjaan. Kunci utama teknik Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral atau lebih dikenal Central Processing Unit (CPU). CPU memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Dan baru pada tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand yang menjadikan komputer komersial pertama yang memanfaatkan model rancangan Von Neumann tersebut. Hasil yang dicapai UNIVAC sangat mengesankan. Tak terkecuali saat UNIVAC berhasil memprediksi kemenangan Dwilight D Eisenhower dalam pemilihan Presiden tahun 1952.
Ciri komputer generasi pertama adalah komputer dengan tabung berukuran besar dengan silinder magnetik untuk menyimpan data dan diperuntukkan pada pekerjaan tertentu.
2) Generasi Kedua
Tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer dunia. Transistor menggantikan tube vakum (menjadikan komputer sangat besar). Akibat transistor, ukuran mesin elektronik menjadi berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan dalam komputer pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembang dari memori inti-magnetik yang membantu komputer generasi kedua lebih kecil, cepat, lebih diandalkan, dan lebih hemat energi. Superkomputer adalah mesin pertama yang menggunakan teknologi ini. Komputer-komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energy atom, dapat menangani sejumlah data, dan kemampuan tersebut sangat diperlukan bagi peneliti atom. komputer ini sungguh mahal,maka komputer ini tidak diperuntukkan untuk bisnis. Komputer ini sendiri menggunakan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode binner.
Awal tahun 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses dibidang bisnis, universitas, dan dipemerintahan.
Program yang tersimpan dikomputer dan bahasa pemrograman yang ada, memudahkan pekerjaan bagi pengguna bisnis pada saat itu. Dengan kosep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen, menjalankan desain produk, dan mengitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Antara lain bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) yang mulai umum digunakan. Bahasa ini berhasil menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematik yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang memprogram dan mengatur komputernya. Berbagai karier pun bermunculan, antara lain programmer, analis system, dan ahli system komputer. Industri piranti lunak pun bermunculan pada saat itu.
3) Generasi Ketiga
Transistor yang begitu diandalkan ternyata memiliki kekurangan. Transistor menghasilkan energy panas yang cukup besar. Sehingga dikhatirkan merusak bagian dalam komputer. Namun hal tersebut teratasi oleh batu kuarsa (quartz rock). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument berhasil mengembangkan sirkuit terintegerasi (IC = integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan 3 komponen dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam satu chip yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system atau OS) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor kondisi memorii komputer.

4) Generasi Keempat
Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas setelah hadirnya IC, seperti mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Kemudian hadir Large Scale Integration (LSI) yang dapat memuat ratusan komponen dalam satu chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) telah berhasil memuat ribuan komponen dalam satu chip. Setelah itu hadir Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang hanya berukurang setengah keping uang logam itu mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja yang efisien pada komputer.
Pada tahun 1971, Chip Intel 4004 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor. Dan kemudian komputer mulai diperdagangkan untuk rumahan.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
5) Generasi Kelima
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan parallel yang akan menggantikan model Von Neumann. Model Von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara bersama. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang merupakan Negara yang paling terkenal dalam memperkenalkan proyek komputer generasi kelima. Proyek inilah yang akan membawa komputer pada perkembangan yang lebih canggih lagi.
Dari beberapa uraian diatas diketahui bahwa penemu komputer yang sebenarnya dan bukan mesin hitung adalah John Presper Eckert dan John W Mauchly dengan ENIAC rancangan mereka.

Demikian pengenalan mengenai sejarah komputer. Dan sesungguhnya suatu hal hebat kita harus mengetahui asalnya.

Komentar