Precast (Beton Pracetak)

 
 
Bicara soal precast (beton pracetak), saya ingat masa saya kerja dulu di sebuah Perusahaan besar dari Jakarta yang membangun gedung di daerah saya yaitu Aceh. Kebetulan saya bekerja sebagai drafter. Sejauh saya melihat, precast sulit untuk dipahami karena saya masih awam mengenai precast pada waktu itu. Saya melihat pekerjaan precast membutuhkan pekerja yang banyak namun pengerjaannya cepat. Hal ini dikarenakan para pekerja tidak terpaku pada satu item pekerjaan, namun terbagi. Misalnya para pekerja kita berjumlah 10 orang. 5 pekerja sedang mengerjakan precast balok lantai 2, dan sisanya bisa mengerjakan pekerjaan lainnya seperti pemasangan bata lantai 1 dan lainnya.
Precast adalah beton pracetak yang dikerjakan bukan pada areanya dengan pembuatan sesuai ukuran yang dikehendaki dan di letakkan pada area yang sesungguhnya. Precast ada juga yang dikerjakan bukan tempat proyek, melainkan di pabrik.
 
Proses Pengerjaan
 
Jika pekerjaan precast dibuat di wilayah proyek, mula-mula kita harus merangkai besi untuk beton yang akan kita cetak. Kemudian kita akan membuat cetakannya. Cetakan bisa berupa pergabungan besi holo dan lempengan plat besi. Semua tergantung dari masing-masing konstruksi apa yang akan kita kerjakan.
 
Kemudian setelah cetakan dibuat, sebaiknya oleskan di tiap bagian dalam cetakan yang akan kita isi dengan oli. Hal ini bertujuan agar memudahkan kita untuk memisahkan hasil cetakan beton. Setelah itu letakkan besi yang kita rangkai tadi. Ingat besi harus tetap memakai beton tahu agar besi tetap sejajar as beton.
 
 
Kemudian tuangkan campuran mortar ke cetakan dan tunggu beberapa hari sebelum dilepaskan dari cetakan. Mortar harus benar-benar padat.
 
Dalam pengangkatan beton dari cetakannya, biasanya digunakan mobil crane yang besar maupun crane setempat. Dan crane dapat disesaikan dengan kondisi tanah wilayah konstruksi kita.
 
Pada saat perletakan dari area cetakan ketempat item yang kita kehendaki, sebaiknya diangkat dan letakkan secara perlahan agar tidak patah.

Komentar